Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Artikel
25 September 2018
5 Trik Siasati Waktu 

SETIAP ORANG memiliki waktu hampir 24 jam setiap harinya. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengatur waktu yang dimilikinya secara efektif. Terlebih bila harus mengerjakan berbagai tugas atau keperluannya sehari-hari. Nah, mengutip www.thedailypositive.com, setidaknya ada lima cara menyelesaikan tugas dengan mengatur waktu secara efektif. Apa sajakah itu?

#1 Teknik Pomodoro

Teknik ini cukup sederhana. Sebaiknya, Anda menyiapkan stopwatch atau jam di dekatAnda. Prinsipnya, metode ini mengajarkan pelakunya untuk bekerja selama 25 menit. Setelah 25 menit, berhentilah bekerja untuk beristirahat selama lima menit. Ulangi beberapa kali. Teknik ini berpijak pada seseorang tidak bisa terlalu lama memusatkan perhatiannya pada sesuatu atau bekerja sehingga memerlukan waktu sejenak untuk beristirahat. Cukup masuk akal, bukan?

#2 Teknik Eat That Frog

Teknik ini mengajarkan untuk memilah mana pekerjaan mudah dan sulit. Bila Anda dihadapkan pada pilihan itu dalam waktu bersamaan, maka pilihlah yang sulit dan tidak disukai terlebih dahulu untuk dikerjakan. Normalnya, seseorang akan berkurang daya konsentrasinya ketika ia mulai memusatkan perhatian pada sesuatu. Jika mengerjakan sesuatu yang mudah dulu, bagaimana mungkin akan optimal mengerjakan sesuatu yang sulit setelahnya mengingat daya konsentrasi telah berkurang?

#3 Teknik Getting Things Done

David Allen menulis sebuah buku laris berjudul Getting Things Done. Di dalamnya, dia menjelaskan metodenya untuk produktivitas. Memantul dari satu tugas ke tugas lain memperlambat kita. Maka, mengumpulkannya sesuai dengan kesamaan adalah cara pasti menyelesaikan sesuatu.

#4 Teknik Action

Teknik menuntun pelakunya untuk membuat to-do list, bantuan, dan skala prioritas. Teknik ini memungkinkan pelakunya untuk mengelola tugas. Jadi, tidak akan ada lagi tugas yang tercecer belum terselesaikan.

#5 Teknik Seinfeld

Cukup satu tugas yang dikerjakan adalah inti teknik ini. Idenya adalah jangan pernah mematahkan rantai. Lho, apa maksudnya? Siapkan kalender di dekat Anda. Beri silang pada suatu tanggal sebagai tanda Anda mulai mengerjakan sesuatu. Dalam konteks ini, Seinfield mencontohkan kegiatan menulis.

Pendekatan ini tidak hanya mengarahkan tubuh dan pikiran untuk duduk dan menulis setiap hari, tapi juga memotivasi Anda untuk melanjutkan tanda silang yang indah dan merah itu. Jika Andatidak menulis suatu hari, maka tidak bisa menggambar tanda silang. Rantai pun terputus. Rutinitas adalah kata kunci di sini.

Kira-kira, teknik apa yang Anda mau coba? Bila tidak ada, Anda mungkin mau berbagi teknik lainnya.

Part 1 of 6
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....