Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Sport
Artikel
16 April 2018
Mana Triathlon yang Tepat untuk Anda?

KETIKA BERCERITA pada seseorang bahwa Anda melakukan triathlon, Anda mungkin mendengar komentar mereka,IRONMAN? Sangat intensif! Namun IRONMAN sebenarnya adalah sebuah brand dan lomba triathlon dengan jarak tempuh tertentu --- dan salah satu yang terjauh. Terdapat setidaknya empat kategori jarak di triathlon. Sebelum Anda memulai latihan, Anda harus memilih mana yang akan Anda taklukan.

"Terdapat variasi yang berbeda di triathlon. Empat kategori klasik adalah sprint distance, Olympic distance, half-IRONMAN (biasa disebut pula 70,3), dan full-IRONMAN (dikenal pula dengan nama 140,6)," ujar Jennifer Harrison, pelatih triathlon profesional dan bersertifikat.

Mana yang tepat untuk Anda? Berikut pertimbangan yang bisa Anda pikirkan untuk memutuskannya.

Latihan Sprint Distance Triathlon

Jika Anda akan mendaftar lomba triathlon untuk kategori sprint distance, pastikan Anda meluangkan waktu 5-6 jam tiap minggu untuk berlatih, ujar Harrison. Dan untuk hasil latihan yang maksimal, Anda perlu memastikan melakukan 1-2 sesi latihan tiap disiplin olahraga per minggu. Artinya, Anda harus melakukan minimal dua sesi latihan bersepeda, berenang, dan berlari tiap minggu.

Latihan Olympic Distance Triathlon

Seiringnya bertambahnya jarak dari lomba yang Anda ikuti, tidak mudah untuk menentukan volume latihan tiap minggu yang tepat karena jadwal kerja tiap orang berbeda. Tapi agar Anda menghadapi lomba triathlon dengan percaya diri, Anda harus mampu berenang sedikitnya 1,6 kilometer di perairan terbuka, bersepeda sejauh 65-80 kilometer, dan berlari 20 kilometer, kata Harrison (yang tidak dilakukan secara berkesinambungan back-to-back). Dan untuk memberi gambaran seperti apa latihan terlama yang harus Anda lakukan, Harrison mengemukakan biasanya seperti ini: Latihan berkesinambungan atau back-to-back (biasa disebut double atau brick), yang melibatkan bersepeda sejauh 65-80 kilometer dan berlari sejauh 20 kilometer.

Latihan Half-IRONMAN Triathlon

Dengan bertambahnya jarak lomba yang harus ditempuh, satu-satunya perubahan besar dari rancangan latihan Olympic distance yang harus Anda pahami adalah kapan harus menempatkan sesi latihan yang sebenarnya, kata Harrison. Jadwal latihan dari Senin hingga Jumat sebagian besar akan sama. Namun Anda akan menempatkan beban latihan terberat di akhir pekan. Harrison mengatakan, rancangan latihan akhir pekan Anda akan seperti ini: Bersepeda 80-95 kilometer dilanjutkan dengan transisi berlari berlari ringan selama 20 menit setelah bersepeda. Total waktu yang Anda butuhkan sekitar empat jam, tergantung seberapa cepat Anda saat bersepeda. Kemudian Anda akan melakukan sesi long run di Minggu, dengan jarak tempuh berkisar 24-26 kilometer.

Latihan full-IRONMAN Triathlon

Prinsip rutinitas latihan IRONMAN serupa dengan half-IRONMAN, kecuali jaraknya yang lebih jauh. Jika ini adalah IRONMAN pertama Anda, sebuah gagasan yang baik jika Anda melakukan latihan simuasi di puncak periode latihan, kata Harrison. Artinya, Anda akan berenang selama satu jam, bersepeda sejauh 160 kilometer, dan diakhiri dengan berlari 13-15 kilometer. Ini bisa dihitung sebagai sesi latihan terlama karena Anda melakukukan tiga disiplin olahraga dalam satu hari.Jadi, kapan Anda mengetahui sudah saatnya naik tingkat? Nasehat Harrison sederhana: Mulai dari paling bawah dan bangun jalan menuju puncak. Ketika Anda telah menuntaskan sedikitnyasatu lomba triathlon di kategori sprint distance, Anda akan memiliki pengalaman untuk mengetahui apakah sudah saatnya naik kelas, ujar Harrison. Baru kemudian bergeser ke Olympic distance, half-IRONMAN, dan full-IRONMAN.

Part 1 of 5
Recommended for you
02 April 2018
BAGI SEBAGIAN ORANG, mungkin tidak ada yang menandingi perasaan saat bersepeda jarak jauh. Bergerak mantap melibas tanjakan dan bergulir mengikuti turunan, mengayuh sepeda sendirian atau berkelompok s ....
02 April 2018
BAGI SEBAGIAN ORANG, mungkin tidak ada yang menandingi perasaan saat bersepeda jarak jauh. Bergerak mantap melibas tanjakan dan bergulir mengikuti turunan, mengayuh sepeda sendirian atau berkelompok s ....
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app