Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Sport
Artikel
30 October 2018
4 Alasan Anda Perlu Hari Istirahat di Setiap Program Latihan

PADA DASARNYA,banyak yang harus dilakukan, Jadi ketika melihat kata istirahat di jadwal Anda, mudah saja untuk melewatkannya. Mengaoa Anda tidak melakukan apapun ketika ada sesuatu yang dilewati dari daftar? Jawabannya sederhana: Tidak berlari sama pentingnya dengan latihan lari yang Anda lakukan. Hari istirahat membantu memperkuat tubuh, mempertajam fokus, dan membangun kembali semangat serta motivasi Anda untuk selalu berlatih.

Anda tidak bisa mengabaikan hari istirahat, ujar Kevin Vincent, M.D., Ph.D., direktur Running Medicine Clinic University of Florida. Alasan utama Anda membutuhkannya adalah pemulihan dan penyembuhan. Tiap kali Anda berlari, tubuh Anda beradaptasi untuk menjadi lebih kuat.

Ini terjadi karena saat berlari Anda tidak hanya membangun stamina dan kekuatan.Anda juga merusak tubuh Anda, menyebabkan kerusakan mikro pada jaringan. Melakukan istirahat akan memungkinkan tubuh memulihkan diri dan memiliki performa lebih baik di sesi berikutnya.

Saat banyak atlet fokus pada volume dan kecepatan ketika berlatih, apa yang mereka lakukan di luar aktivitas berlari sama pentingnya untuk membangun tubuh menjadi lebih kuat dan tangguh, ujar Adam Tenforde, M.D., asisten profesor kesehatan fisik dan rehabilitasi di Harvard University serta mantan pelari jarak jauh di Stanford.

Bonnie Marks, Psy.D., staf psikologi di NYU Sports Performance Center setuju dengan hal tersebut. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memulihkan diri, ini bisa membuat perkembangan latihan Anda terhenti dan menurun.

Dengan kata lain, istirahat yang memadai dan Anda bisa berlari lebih baik, lebih sehat. Melewatkan waktu istirahat justru membuat tubuh Anda rusak dan hasil latihan Anda tidak maksimal. Ikuti empat tip berikut, dan bangun tubuh lebih kuat serta tingkatkan performa Anda.Tak peduli apakah Anda pelari rekreasional atau sedang menjalani program latihan rutin, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan beristirahat minimal satu hari tiap minggu.

Hari istirahat adalah momen saat tubuh menggunakan nutrisi dan melakukan proses biologi serta perputaran hormon untuk memperbaiki diri sendiri, ujar Tenforde. Berikut empat alasan untuk mengambil waktu istirahat:

#1 Otot-Otot Anda Butuh Kesempatan

Ketika Anda berlari atau melakukan aktivitas fisik lannya, Anda menciptakan robekan microscopic pada serat otot. Ini kemudian akan direspon tubuh dengan membangun kelompok otot jadi lebih kuat. Respon ini hanya terjadi jika ada waktu istirahat. Vincent mengungkapkan, tergantung pada durasi dan intensitas latihan Anda, tubuh butuh istirahat 36-48 jam untuk memberikan respon maksimal. Tanpa istirahat, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membangun dan memperkuat otot, mereka hanya akan melanjutkan pengrusakan. Ini akan menyia-siakan kerja keras yang sudah Anda lakukan.

#2 Anda menghindari Stress Facture

Jika Anda berusaha menghindari cedera, istirahat adalah hal yang vital. Berlari memang bagus untuk tulang Anda, namun juga memiliki dampak yang menekan jaringan. Dan seperti halnya otot, ini meningkatkan pergantian sel dan memaksa tulang untuk mengadaptasi diri dengan struktur terkuat, ujar Vincent. Jika Anda berlari hari ini dan esok hari, tidak ada kesempatan untuk pulih sepenuhnya. Dan kemungkinan, bisa berujung pada stress fracture, yang mengakibatkan Anda harus keluar dari program latihan.

#3 Tendon yang Tegang Harus Dilindungi

Tendon adalah jaringan terhubung yang mengikat otot pada tulang. Jadi... mereka selalu bergerak secara konstan ketika tubuh bergerak. Namun darah tidak bisa mencapai mereka dengan mudah, sehingga mereka butuh waktu lama untuk perbaikan ketimbangng jaringan yang memiliki vaskularitas tinggi (seperti otot), papar Vincent. Jika perbaikan tidak memadai, hentakan yang konstan bisa menyebabkan kerusakan kronis, seperti tendinitis kondisi inflamasi akibat penggunaan yang berlebihan.

#4 Otak Anda Perlu Waktu untuk Bersantai

Ya, lari adalah salah satu bentuk aktivitas pereda stres. Tetapi tiap kali melakukannya, Anda meningkatkan kadar hormon stres (kortisol) di tubuh. Mengapa? Tubuh Anda tidak memahami apakah Anda sedang berlari dari bahaya atau berlari untuk kesenangan, ujar Vincent. Peningkatkan kadar kortisol ini bisa menyebabkan masalah mood, mudah marah, gangguan tidur, dan problem kesehatan lainnya. Menyelipkan hari istirahat dalam jadwal program latihan akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal, sekaligus mempertahankan keseimbangan secara menyeluruh.

 

Part 1 of 5
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....