Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Nutrisi
Kesehatan
Artikel
16 April 2018
Batasi Konsumsi Kafein!

RUTINITAS KESIBUKAN bisa menyebabkan upaya Anda menjaga energi agar menyala sepanjang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Jadi jangan heran, banyak orang yang kemudian menggunakan kafein sebagai jalan keluar.Namun saat konsumsi kopi, minuman bersoda yang mengandung kafein, dan energy drink meningkat, Anda meningkatkan ancaman kesehatan terhadap kesehatan terutama jika Anda menenggak kafein melebihi batas ketentuan yang direkomendasikan.

Para peneliti dari organisasi nirlaba ILSI North America melakukan review terhadap 740 studi mengenai kafein. Mereka mengerucutkan pada berbagai ancaman gangguan kesehatan terkait tingkat konsumsi kafein yang tinggi.

Berbagai penemuan dari review ini dipublikasikan di Food and Chemical Toxicology. Para peneliti mengonfirmasi, panduan atau rekomendasi takaran konsumsi kafein yang ada selama ini masih bisa digunakan. Artinya, tidak lebih 400 miligram tiap hari untuk orang dewasa, 300 miligram untuk wanita hamil, dan 2,5 miligram untuk anak-anak dan remaja.

Untuk orang dewasa, jumlah tersebut setara dengan empat cangkir (ukuran standar) kopi. Tetapi untuk gelas kopi komersial, dua cangkir saja sudah bisa membuat Anda melewati ambang batas kafein yang direkomendasikan. Namun dalam banyak hal, satu gelas kopi (komersial mendekati ukuran besar) bisa membuat Anda mendekati atau mencapai batas penggunaan kafein. Sebagai contoh, satu gelas kopi hitam (dark roast) ukuran venti dari Starbucks menyodorkan 340 miligram kafein dan medium roast menyuplai 410 miligram kafein.

Apa yang terjadi jika Anda mengonsumsi kafein secara berlebihan? Tentu saja bukan suatu hal yang bagus. Kafein bisa berdampak pada sistem kardiovaskular, kesehatan tulang, sistem pencernaan, kualitas tidur, dan pusat sistem syaraf. Para peneliti di studi terbaru juga melihat adanya perubahan sikap seperti depresi dan kegelisahan.Ketika menenggak kafein terlalu banyak dan melakukannya secara konsisten hal ini bisa mengantar Anda pada berbagai gejala ancaman gangguan kesehatan. Hal ini bisa meliputi sakit kepala, pusing, mual, demam, tremor, gelisah, dan sebagainya. Dampak lainnya adalah nyeri di perut, kesadaran yang berubah-ubah, detak jantung yang tidak normal, dan berbagai hal lainnya. Dalam 14 studi yang direview, beberapa subyek meninggal akibat kafein yang berlebihan.

Jadi jika Anda sudah mendekati batas maksimal konsumsi kafein harian, apalagi jika Anda sudah melewatinya Anda perlu mengambil langkah mundur atau mengurangi konsumsi kafein.

Recommended for you
19 March 2018
JAKARTA, MARET 2018 Dalam keikutsertaan meningkatkan olahraga lari sebagai lifestyle dalam masyarakat, Metro TV dan League menyelenggarakan Heritage Run. Acara ini diselenggararakan di Kota Tua, J ....
06 March 2018
TIDUR MEMBANTU ANDA membangun otot, memulihkan diri dari latihan, dan memelihara berat badan ideal. Namun untuk sebagian besar dari kita, tidak pernah benar-benar mendapatkannya. Ketika banyak orang b ....
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app