Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL

Nutrisi
Kesehatan
Artikel
16 April 2018
Batasi Konsumsi Kafein!

RUTINITAS KESIBUKAN bisa menyebabkan upaya Anda menjaga energi agar menyala sepanjang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Jadi jangan heran, banyak orang yang kemudian menggunakan kafein sebagai jalan keluar.Namun saat konsumsi kopi, minuman bersoda yang mengandung kafein, dan energy drink meningkat, Anda meningkatkan ancaman kesehatan terhadap kesehatan terutama jika Anda menenggak kafein melebihi batas ketentuan yang direkomendasikan.

Para peneliti dari organisasi nirlaba ILSI North America melakukan review terhadap 740 studi mengenai kafein. Mereka mengerucutkan pada berbagai ancaman gangguan kesehatan terkait tingkat konsumsi kafein yang tinggi.

Berbagai penemuan dari review ini dipublikasikan di Food and Chemical Toxicology. Para peneliti mengonfirmasi, panduan atau rekomendasi takaran konsumsi kafein yang ada selama ini masih bisa digunakan. Artinya, tidak lebih 400 miligram tiap hari untuk orang dewasa, 300 miligram untuk wanita hamil, dan 2,5 miligram untuk anak-anak dan remaja.

Untuk orang dewasa, jumlah tersebut setara dengan empat cangkir (ukuran standar) kopi. Tetapi untuk gelas kopi komersial, dua cangkir saja sudah bisa membuat Anda melewati ambang batas kafein yang direkomendasikan. Namun dalam banyak hal, satu gelas kopi (komersial mendekati ukuran besar) bisa membuat Anda mendekati atau mencapai batas penggunaan kafein. Sebagai contoh, satu gelas kopi hitam (dark roast) ukuran venti dari Starbucks menyodorkan 340 miligram kafein dan medium roast menyuplai 410 miligram kafein.

Apa yang terjadi jika Anda mengonsumsi kafein secara berlebihan? Tentu saja bukan suatu hal yang bagus. Kafein bisa berdampak pada sistem kardiovaskular, kesehatan tulang, sistem pencernaan, kualitas tidur, dan pusat sistem syaraf. Para peneliti di studi terbaru juga melihat adanya perubahan sikap seperti depresi dan kegelisahan.Ketika menenggak kafein terlalu banyak dan melakukannya secara konsisten hal ini bisa mengantar Anda pada berbagai gejala ancaman gangguan kesehatan. Hal ini bisa meliputi sakit kepala, pusing, mual, demam, tremor, gelisah, dan sebagainya. Dampak lainnya adalah nyeri di perut, kesadaran yang berubah-ubah, detak jantung yang tidak normal, dan berbagai hal lainnya. Dalam 14 studi yang direview, beberapa subyek meninggal akibat kafein yang berlebihan.

Jadi jika Anda sudah mendekati batas maksimal konsumsi kafein harian, apalagi jika Anda sudah melewatinya Anda perlu mengambil langkah mundur atau mengurangi konsumsi kafein.



Recommended for you
11 June 2018
PUASA BUKAN HALANGAN BAGI ANDA untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Asal Anda mau berkompromi dengan kondisi tubuh dan sedikit ertindak cerdas, tubuh bugar dan definisi tegas otot-otot Anda akan tet ....
09 June 2018
JAKARTA, 7 JUNI 2018 Setelah absen selama lima musim, Sirkuit Brno akhirnya kembali disinggahi rombongan World Superbike (WSBK), di mana World Supersport 300 (WSSP300) menjadi salah satu ajang yan ....
Next Events