Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Kesehatan
Artikel
09 November 2018
Ini Alasan Berjalan 10.000 Langkah Tiap Hari

REKOMENDASI BERJALAN KAKI 10.000 langkah tiap hari menjadi standar umum dalam berbagai perangkat keras atau lunak pemantau aktivitas fisik yang kini ada di pasaran. Namun angka tersebut sebetulnya belum teruji secara ilmiah. Karena itu, sebuah penelitian yang ada di International Journal of Obesity perlu disimak. Studi ini dibangun berdasarkan penelitian terkenal yang mengobservasi pengemudi dan kondektur bus, yang memberikan sejumlah bukti aktivitas fisik bisa mencegah penyakit jantung.

Peneliti di University of Warwick, Inggris, mengobservasi tukang pos di Glasgow, Skotlandia, yang umumnya menempuh rute pengiriman surat dengan berjalan kaki, bukan menggunakan kendaraan bermotor. Karyawan yang berjalan kaki sepanjang hari ini kemudian dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang bertugas di dalam kantor pos, yang sebagian besar waktunya sepanjang jam kerja dihabiskan untuk duduk di di kursi.

Mereka yang hampir sepanjang hari hanya duduk saja rata-rata memiliki lingkar pinggang yang lebar, indeks massa tubuh yang tinggi, dan kadar gula serta kolesterol yang buruk ketimbang rekan-rekan mereka yang bergerak aktif di luar kantor.

Tiap jamnya, jika duduk lebih dari lima jam, ditemukan fakta bahwa karyawan yang menghabiskan banyak waktu di kursinya menambahkan 0,2 persen peluang mereka mengidap penyakit jantung. Sementara mereka yang bergerak aktif di lapangan, berjalan sekitar 15.000 langkah tiap hari, memiliki indeks massa tubuh dan metabolisme yang normal. Dengan kata lain, mereka yang berjalan sekitar 15.000 tidak memiliki risikio penyakit jantung yang tinggi.

Jika 15.000 langkah terkesan mengintimidasi, Dr. William Tigbe yang memimpin penelitian ini memberikan saran mudah: Berjalan kaki 30 menit sebelum bekerja, 30 menit lagi di waktu makan siang, dan lakukan peregangan selama 10 menit, yang waktunya bisa Anda pilih sendiri. Mudah, bukan? Jika selama ini Anda masih terobsesi untuk berjalan 10.000 langkah tiap hari, siapkan diri Anda untuk berjalan 5.000 langkah lagi.

 

Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....