Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Kesehatan
Artikel
12 October 2018
8 Hal Ini Berpotensi Cegah Kanker 

DI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian. Di Indonesia sendiri, kanker menduduki peringkat ke-7 dari setiap kematian yang terjadi. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah penderita kanker di Indonesia akan melonjak tujuh kali lipat pada 2030. Jika Anda tak mau menjadi salah satu pengidap problem kesehatan ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah delapan tindakan berikut ini.

#1 BERHENTI MEROKOK

Dari setiap kepulan asap yang Anda hasilkan saat meghisap rokok, dipenuhi sekitar 250 komponen kimia yang berpotensi mengganggu kesehatan Anda. Sekitar 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker. Rokok juga dikaitkan dengan gangguan kesehatan terhadap lambung, kandung kemih, ginjal, mulut, dan tenggorokan. Makin cepat Anda berhenti, makin baik. Berkonsultasilah dengan dokter untuk meminta nasehat tentang metode berhenti merokok.

#2 PINDAI TUBUH ANDA

Pemindaian bisa mendeteksi kanker lebih dini, bahkan sebelum membangun ancaman. Metode colonoscopy kerap menemukan polip di usus dan mungkin anus sebelum mereka berubah jadi kanker. Sementara tes Pap Smear bisa menemukan pra-kanker dan sel kanker di leher rahim. Sedang mammogram dan low-dose computed tomography (LDCT) bisa mencari kanker payudara dan paru-paru tahap dini.

#3 KURANGI MAKANAN YANG DIPROSES

Pertimbangkan lagi jika Anda ingin membakar sesuatu di panggangan. Penelitian menunjukkan, makanan yang diproses seperti hot dog, bacon, dan sosis memiliki komponen kimia bernama nitrit dan nitrat, yang dihubungkan dengan kanker. Penelitian juga menegaskan, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan burger berpotensi menimbulkan kanker usus. Pilih alternatif yang lebih aman untuk pesta kebun Anda, seperti daging ayam atau ikan, jika ingin membakar sesuatu.

#4 KURANGI BERAT BADAN

Kelebihan berat badan mendongkrak peluang Anda mengidap kanker, terutama di payudara, usus, rahim, pankreas, kandung kemih, dan kerongkongan. Para peneliti mengungkapkan, salah satu alasannya adalah sel lemak melepas substansi yang merangsang pertumbuhan sel kanker. Tidak mau kanker menghampiri? Pangkas kelebihan berat badan Anda.

#5 BATASI KONSUMSI ALKOHOL

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan peluang Anda mengidap kanker. Alkohol dikaitkan dengan kanker mulut, payudara, hati, kerongkongan, dan lainnya. Makin banyak Anda mengonsumsi alkohol, makin tinggi risiko ancaman yang Anda hadapi. Jika pun Anda minum, batasi dalam jumlah sedang.

#6 JANGAN LUPA BEROLAHRAGA

Anda terlalu banyak bersantai dengan duduk berleha-leha di depan TV atau meja komputer? Mencegah kanker adalah salah satu alasan untuk melakukan aktivitas fisik. Olahraga memerangi obesitas dan menurunkan hormon seperti estrogen dan insulin, yang biasa dihubungkan dengan kanker. Lakukan latihan aerobik minimal 30 menit, yang akan memompa jantung Anda, hampir tiap hari dalam satu minggu.

#7 PAKAI TABIR SURYA

Terpaan sinar matahari mungkin membuat kulit Anda terlihat lebih eksotis. Tetapi di bawah permukaan kulit, sinar UV menyebabkan kerusakan kulit yang bisa mengarah ke kanker. Kulit Anda bisa terbakar di bawah terpaan sinar matahari yang terik hanya dalam waktu 15. Jadi sebelum Anda keluar dan menghadapi matahari, oleskan tabir surya ke tubuh untuk memberikan perlindungan. Pilih produk dengan kemampuan SPF 30 atau lebih tinggi. Aplikasikan juga saat Anda berolahraga atau berenang. Selain itu, Anda bisa melindungi dengan mengenakan topi atau sunglasses.

#8 LAKUKAN SEKS AMAN

Penyakit menular seksual bukan satu-satu hal yang harus Anda khawatirkan saat melakukan seks tanpa pelindung. Sejumlah infeksi yang terjadi juga meningkatkan risiko kanker. Sekitar 70 persen kanker serviks dimulai dengan human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18. Sejumlah tipe hepatisis juga bisa menyebabkan kanker. Demi keamanan, jangan lupa gunakan pelindung (kondom) tiap kali Anda bercinta.

 

Part 1 of 9
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....