Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Kesehatan
Artikel
24 May 2018
5 Cara untuk Mengetahui Apakah Keringat Anda Keluar Berlebihan

KERINGAT ANDA mungkin mengucur sangat deras ketika sedang melakukan latihan. Tetapi bagaimana jika Anda sangat berkeringat saat tubuh dalam mode istirahat rapat dengan staf di kantor?

Berkeringat katakanlah saat Anda melakukan latihan interval di lintasan lari adalah salah satu cara tubuh menjaga agar tidak terjadi overheating, papar Robert Segal, M.D., pendiri Medical Offices of Manhattan. Menjaga suhu tubuh di kisaran 1-2 derajat dari suhu tubuh normal 37 derajat celcius, akan membantu memelihara keseimbangan hormon dan cairan tubuh.

Jumlah keringat Anda tergantung stres yang terjadi pada tubuh. Sebagai contoh, Anda berkeringat lebih banyak ketika berlari ketimbang berjalan kaki di kecepatan lambat karena suhu tubuh meningkat lebih cepat saat Anda menggunakan energi lebih banyak, ujar Dr. Segal says. Jadi Anda perlu pendinginan lebih lama untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.Tetapi bagaimana jika keringat yang keluar tidak sesuai dengan situasi stres yang terjadi? Bisa jadi ini adalah kondisi hyperhidrosis, suatu kondisi yang umumnya ditandai dengan keringat yang berlebihan, ujar Lance Brown, M.D., dari NYU School of Medicine.Ada dua tipe hyperhidrosis, tambahnya. Primary focal hyperhidrosis yang sering terlihat dan biasa dialami orang-orang yang sehat. Keringat berlebihan biasanya muncul di telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak di mana terdapat banyak kelenjar keringat.

Tipe lainnya adalah secondary generalized hyperhidrosis. Ini jarang terjadi, dan biasanya disebabkan gangguan penyakit yang sistemik atau gangguan syaraf. Tipe ini juga bisa terjadi sebagai efek samping pengobatan seperti selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) untuk depresi atau opioid. Kondisi yang bisa meningkatkan risiko hyperhidrosis termasuk penyakit thyroid, diabetes, tumor tertentu, obesitas, dan keracunan merkuri, ujar Dr. Brown.

Berikut lima cara untuk mengetahui apakah derasnya keringat yang keluar dari tubuh Anda merupakan tanda-tanda hyperhidrosis.

#1 Telapak Tangan Berkeringat

Seperti area ketiak, telapak tangan Anda memiliki banyak reseptor keringat. Artinya, wilayah ini dikepung kelembaban. Jika kelenjar keringat Anda bekerja berlebihan, ini adalah area yang akan dibanjiri keringat pertama kali.

#2 Sepatu Anda Licin

Apakah Anda sering mengalami hal ini: Sepatu yang Anda kenakan terlepas karena keringat berlebihan di telapak kaki. Jika jawabannya ya, mungkin Anda mengalami hyperhidrosis. Seperti telapak tangan, terdapat banyak kelenjar keringat di telapak kaki. Jadi mungkin bagian ini akan banyak berkeringat, ungkap Dr. Segal. Fungsi utama kelenjar keringat di telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak adalah mengatur suhu tubuh.

#3 Anda Berkeringat Saat Istirahat

Ini bisa terjadi kapan saja, tak peduli apakah sedang duduk di meja kerja, mengemudi, atau nongkrong bersama teman. Kecuali Anda usai latihan atau melakukan aktivitas fisik, berkeringat saat tubuh dalam mode istirahat adalah sinyal yang patut Anda waspadai, ujar Dr. Segal.Ini bukan hanya sekedar berkeringat ringan, tetapi berkeringat banyak seperti halnya saat Anda berlatih keras. Ini adalah sebuah kondisi yang mulai sangat mengganggu.

#4 Anda Berkeringat di Malam Hari

Bangun tidur di tengah malam dengan kondisi tubuh basah oleh keringat tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga bisa mengindikasikan hyperhidrosis. Tubuh Anda menjadi dingin secara alami saat tidur, W. Chris Winter, M.D., penulis The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It.

Saat panas menghilang di malam hari, ini mempersiapkan tubuh kita untuk tidur, ujarnya. Suhu tubuh akan turun di malam hari, dan ketika kita bermimpi, suhu tubuh akan terus mendingin. Tepat sebelum terjaga, suhu tubuh mulai meningkap, mempersiapkan kita untuk terjaga. Artinya, seharusnya Anda tidak perlu mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh untuk lebih dingin dari kondisi normal (terjaga), tambah Dr. Segal.

#5 Anda Berkeringat Saat Kondisi Dingin

Serupa dengan suhu tubuh yang menurun di tengah malam, seharusnya Anda tidak berkeringat ketika berada di lokasi yang bercuaca dingin, bahkan saat Anda berolahraga. Meski Anda bisa berkeringat saat mengikuti marathon di daerah kutub, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan melakukannya di daerah yang lebih hangat, ujar Dr. Segal. Plus, berkeringat saat cuaca dingin bisa membuat rasa dingin makin menjadi-jadi karena menurunkan suhu tubuh Anda secara signifikan.

#5 + 1 Apa yang Harus Dilakukan Jika Berkeringat Terlalu Banyak

Jika keringat Anda berlebihan, terdapat beberapa cara untuk menanganinya. Dr. Brown mengemukakan, hal paling populer dan efektif, selama ini, adalah Botox yang memblokir sinyal kimia dari syaraf yang merangsang kelenjar keringat. Tanpa sinyal tersebut, Anda masih berkeringat sedikit... tetapi keringat yang membanjir deras akan berkurang signifikan. Satu perawatan bisa bertahan hingga delapan bulan, tambah Dr. Segal.

Anda juga bisa menggunakan penangkal yang diresepkan dan memiliki bahan dasar aluminum-chloride, yang mengurangi kuantitas keringat dengan memblokir produksi kelenjar keringat. Tetapi ini bisa menjadi sesuatu yang menimbulkan iritasi dan memiliki banyak kontroversi selama bertahun-tahun terkait penggunaan, ujar Dr. Brown.

Anda juga perlu memperhatikan pola makan. Makanan pedas bisa memicu keluarnya keringat secara berlebihan, ujar Dr. Brown. Makanan pedas mengandung capsaicin, bahan aktif yang ditemukan di cabe. Anda memiliki reseptor capsaicin di tubuh yang merespons ketika Anda mengonsumsi makanan pedas untuk membantu mendinginkan tubuh.

Berkonsultasilah dengan dokter jika keringat yang keluar tubuh berdampak pada kehidupan Anda, saran Dr. Segal. Ini termasuk berkeringat saat dalam keadaan istirahat, berkeringat di malam hari, berkeringat di kondisi dingin, dan sebagainya.

Part 1 of 7
Recommended for you
11 June 2018
PUASA BUKAN HALANGAN BAGI ANDA untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Asal Anda mau berkompromi dengan kondisi tubuh dan sedikit ertindak cerdas, tubuh bugar dan definisi tegas otot-otot Anda akan tet ....
09 June 2018
JAKARTA, 7 JUNI 2018 Setelah absen selama lima musim, Sirkuit Brno akhirnya kembali disinggahi rombongan World Superbike (WSBK), di mana World Supersport 300 (WSSP300) menjadi salah satu ajang yan ....