Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Kesehatan
Sport
Artikel
31 October 2018
4 Olahraga yang Berpotensi Merusak Lutut Anda 

APAKAH LATIHAN yang Anda lakukan bisa menjadi penyebab rasa nyeri yang muncul di persendian? Sebuah review penelitian yang dipublikasikan di Journal of Athletic Training melaporkan, beberapa olahraga tertentu bisa merusak lutut Anda lebih dari aktivitas fisik lainnya.

Para peneliti menganalisa 17 studi yang mengevaluasi keterkaitan antara olahraga dan osteoarthritispada lutut yang bisa menyebabkan ketidakstabilan dan rasa nyeri di sedikitnya 3.800 atlet elit.

Mereka menemukan, atlet yang terlibat pada olahraga lari jarak jauh, sepakbola, angkat berat, dan gulat, secara signifikan lebih berpeluang mengalami osteoarthritis pada lutut ketimbang orang lain yang bertanding di olahraga lain (di tingkatan elit) atau tidak berolahga sama sekali.

Data yang muncul, orang yang berpartisipasi di empat olahraga berisiko tinggi tersebut memiliki peluang mengalami osteoarthritis pada lutut 3-7 kali lebih tinggi ketimbang mereka yang bermain di bola basket, tinju, menembak, dan lintasan atletik jarak pendek.

Dari empat olahraga tersebut, mereka yang berkompetisi di angkat berat mendapat ancaman paling besar. Posisinya diikuti para pesepakbola, baik di tingkatan elit maupun bukan. Ini terjadi karena olahraga-olahraga ini memerlukan latihan berintensitas tinggi dan menempatkan stres pada persendian, yang bisa menyebabkan cedera lutut, ujar kesimpulan dari review para peneliti.

Penting untuk dicatat, sebagian besar olahraga tersebut melibatkan risiko cedera yang tinggi dan menempatkan beban yang berlebihan pada persendian lutut, ujar pemimpin studi Jeffrey B. Driban dari Tufts Medical Center di Boston. Sebagai contoh, pelari marathon tingkat Olimpiade mengekspos persendian mereka puluhan kilometer lebih jauh ketimbang pelari biasa. Atau atlet angkat berat, mereka memaksa persendiannya menahan beban yang jauh lebih berat ketimbang orang biasa di ruang latihan angkat beban.Tetapi jika Anda tidak berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi marathon, rutinitas berlari justru membantu melindungi lutut dan membuat tulang lebih kuat. Ini juga berlaku untuk latihan angkat beban. Bagi banyak orang, latihan beban cukup penting karena membantu membangun otot dan memelihara berat badan ideal.

Jadi... jika Anda mengalami nyeri lutut, Anda tidak perlu langsung meninggalkan olahraga favorit begitu saja. Pastikan saja Anda tidak meninggalkan fase pemanasan, memaksa diri terlalu keras, atau terjebak pada kebiasaan-kebiasaan yang justru bisa merusak lutut Anda.

 

Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....