Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Fitnes
Artikel
05 November 2018
Rahasia Terbaik Latihan Angkat Beban untuk Pemula 

LATIHAN ANGKAT BEBAN adalah cara terbaik untuk membantu Anda memahat dan membentuk tubuh ideal. Tidak mengetahui bagaimana cara memulainya? Berikut adalah rahasia terbaik untuk memulai latihan angkat beban dan cara memilih beban yang yang tepat untuk (kemampuan) Anda.

LANGKAH 1: Free Weight atau Mesin Beban?

Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan latihan kekuatan, mesin beban akan membantu Anda mempelajari rangkaian sebuah gerakan latihan (yang menarget otot-otot tertentu) dengan aman. Karena mesin beban biasanya melatih otot secara terisolasi, alat ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin membangun atau membentuk otot-otot tertentu. Namun jika Anda ingin membangun kekuatan tubuh secara menyeluruh dan mengutamakan bentuk tubuh yang proporsional, free weight adalah pilihan yang lebih fungsional karena menyerupai gerakan tubuh Anda dalam rutinitas sehari-hari. Selain itu, dengan free weight Anda bisa melatih lebih dari satu kelompok otot dalam satu gerakan latihan. Anda butuh keseimbangan dan koordinasi tubuh lebih ketimbang menggunakan mesin beban. Jadi mulai dengan beban yang ringan.

LANGKAH 2: Berapa Berat Beban yang Harus Diangkat

Jika Anda baru saja memulai, prioritas utama Anda adalah melakukan gerakan dengan teknik dan postur yang sempurna. Jadi mulai dengan beban ringan hingga Anda merasa nyaman dengan gerakannya. Jika Anda sudah menguasai gerakannya, pilih beban yang bisa Anda angkat dalam 8-12 repetisi. Repetisi-repetisi terakhir seharusnya sangat menantang kemampuan Anda, namun tidak begitu berat sehingga Anda harus kehilangan teknik dan postur yang sempurna untuk menyelesaikannya. Selain itu pertimbangkan tujuan Anda. Jika ingin membangun kekuatan, angkat beban yang berat dengan 1-5 repetisi untuk tiap set. Jika ingin membangun ketahanan otot, pilih beban yang ringan, namun tingkatkan repetisi hingga sekitar 15-20 repetisi tiap set.

LANGKAH 3: Kapan Saat yang Tepat Menambah Berat Beban

Ketika Anda merasa bisa melalui repetisi dalam setiap set dengan mudah, itu pertanda yang tepat untuk menambah berat beban. Ikuti aturan ini: Jika Anda bisa melakukan 2 repetisi tambahan dalam dua set berturut-turut, tambah berat beban yang Anda gunakan. Merasa nyaman di set kedua, namun merasa kelelahan di set berikutnya? Kurangi 2 repetisi untuk tiap setnya.

 

Part 1 of 4
Recommended for you
11 June 2018
PUASA BUKAN HALANGAN BAGI ANDA untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Asal Anda mau berkompromi dengan kondisi tubuh dan sedikit ertindak cerdas, tubuh bugar dan definisi tegas otot-otot Anda akan tet ....
11 June 2018
PUASA BUKAN HALANGAN BAGI ANDA untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Asal Anda mau berkompromi dengan kondisi tubuh dan sedikit ertindak cerdas, tubuh bugar dan definisi tegas otot-otot Anda akan tet ....