Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Fitnes
Sport
Artikel
13 April 2018
Compression Socks Bisa Jadi Kunci Sukses Pelari dan Pesepeda 

BAGI SEORANG PELARI maupun pesepeda, otot kaki yang kuat memang sangat dibutuhkan. Karena itu, alat bantu yang memiliki bahan tepat dan teknologi yang baik akan sangat membantu kerja otot. Dalam hal ini, pemilihan kaus kaki bagi seorang pelari ataupun pesepeda tidak dapat dianggap remeh.

Compression socks atau kaus kaki yang khusus digunakan untuk olahraga ini adalah salah satunya. Sebagian besar dari kita meyakini bahwa kaus kaki yang tepat dapat menopang kinerja sang atlet menjadi lebih baik. Akan tetapi, benarkah demikian?

Selama beberapa dekade, kaus kaki rekomendasi pihak medis telah digunakan untuk melawan trombosis vena dalam, atau pembentukan bekuan darah. Hal tersebut terjadi dengan cara meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, serta berdasarkan kepada sebuah penelitian, telah ditemukan bahwa kaus kaki menjadi teman tidur yang efektif untuk pasien yang tidak dapat tidur.

Mungkin kaus kaki memang tepat bagi seseorang yang memiliki gangguan tidur. Akan tetapi berdasarkan pada penelitian lain yang dilakukan kepada atlet menyatakan, "Sangat sedikit bukti yang ada (yaitu dua sampai tiga studi dari 15 penelitian atau lebih) dari perspektif olahraga dan latihan bahwa pakaian kompresi meningkatkan kinerja saat dipakai saat berolahraga," kata Rob Duffield, seorang profesor di School of Movement Studies di Charles Sturt University.

Selain penelitian tersebut, penelitian yang lain juga menyatakan bahwa, "Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa tidak ada manfaat kinerja," kata profesor fisiologi olahraga Elmarie Terblanche, dari Universitas Stellenbosch di Afrika Selatan.

Dinyatakan demikian, karena pada saat dilakukan penelitian pada 21 orang pelari pria dengan cara melakukan tes langkah, ketika satu kaki menggunakan kaus kaki kompresi dan satu lagi tanpa memakai kaus kaki kompresi. Mereka bisa sedikit melangkah lebih lama saat memakai kaus kaki kompresi sebelum kelelahan. Ada juga beberapa kenaikan kecil yang terlihat pada ambang anaerobik, terutama pada bersepeda, dan pada kinerja lompatan. Teorinya adalah bahwa penggunaan bahan ketat mencegah osilasi otot menyamping dan meningkatkan efisiensi otot.

Namun, sumber mencatat bahwa banyak penelitian yang menemukan peningkatan kinerjasaat menelititidak menggunakan plasebo atau kontrol, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengetahui apakah kenaikan tersebut benar-benar dari kompresi atau sekadar persepsi atlet terhadap kompresi.

Serta pada penelitian lain yang tak terhitung jumlahnya tidak menemukan perbedaan waktu berjalan, VO2 max, konsumsi oksigen atau denyut jantung antara atlet yang mengenakan kaus kaki kompresi dan mereka yang tidak.

Kaus kaki kompresi mungkin memang tidak membantu pelari atau pesepeda dalam keberhasilannya meraih garis finish dengan lebih cepat, akan tetapi kaus kaki tersebut dapat membantu atlet untuk mendapatkan masa pemulihan yang lebih cepat.

Berdasarkan pada penelitian, seorang atlet yang berolahraga dengan kaus kaki kompresinya dapat pulih dengan lebih cepat. Seperti yang pernah di alami oleh Chris Solinksy, mantan pemegang rekor 10.000 meter Amerika, yang mengenakan kaus kaki kompresisaat ia menjadi orang Amerika pertama sampai pada garis finish hanya dalam waktu 27:00 menit.

Jadi, walaupun beberapa penelitian masih belum menemukan jawaban pasti, namun Ahli dari Sports and Exercise Science Department of Massey University mengatakan, "Jika atlet suka memakainya, dan merasa bahwa pakaian tersebut membantu kinerja dan atau pemulihan mereka (apakah itu efek yang benar atau hanya efek placebo), maka saya tidak melihat ada salahnya merekomendasikannya."

Recommended for you
02 April 2018
BAGI SEBAGIAN ORANG, mungkin tidak ada yang menandingi perasaan saat bersepeda jarak jauh. Bergerak mantap melibas tanjakan dan bergulir mengikuti turunan, mengayuh sepeda sendirian atau berkelompok s ....
02 April 2018
BAGI SEBAGIAN ORANG, mungkin tidak ada yang menandingi perasaan saat bersepeda jarak jauh. Bergerak mantap melibas tanjakan dan bergulir mengikuti turunan, mengayuh sepeda sendirian atau berkelompok s ....
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app
GET OUR APP FOR BETTER EXPERIENCE TO DISCOVER & BOOK ACTIVITIES
We'll send you link - open it on
your mobile device to download our app