Thursday, 21 September 2017

8 Tip untuk Ultra-Trail Running Pertama Anda

Spread the love

INI ADALAH sejumlah tip yang bisa membantu Anda untuk melewati lomba lari ultra-trail tanpa mengalami masalah selama perjalanan. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya.

1 BANGUN FONDASI DASAR
Bangun bekal dasar ultra-trail running Anda dengan meningkatkan jarak tempuh lari Anda. Tingkatkan secara bertahap, dan pastikan tak lebih dari 10 persen tiap minggunya,

2 LAKUKAN SIMULASI LOMBA
Jadwalkan untuk mengikuti lomba sejenis, tapi dengan jarak yang lebih pendek. Sehingga di sini Anda bisa belajar bagaimana tubuh Anda bereaksi, apa saja kebutuhan Anda, dan melakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang masih Anda miliki.

3 SELALU BERPIKIR POSITIF
Anda harus meyakinkan pikiran bahwa Anda mampu menyelesaikan lomba dan segala tantangannya. Langkah ini akan menanamkan mental tak kenal menyerah pada diri Anda.

4 CARI MITRA BERPENGALAMAN
Cari, minimal satu orang, pelari atau pelatih ultra-trail berpengalaman yang bisa membangkitkan semangat Anda, membagi pengetahuan serta pengalamannya, dan memberikan nasehat yang realistis pada Anda.

5 PAHAMI KONDISI MEDAN
Ketimbang lari jarak pendek, ultra-trail running membutuhkan konsentrasi dan fokus yang berkesinambungan. Untuk menjaga hal itu, Anda bisa mencoba lintasan lomba – baik keseluruhan atau sebagian saja – beberapa waktu sebelumnya. Jika tak memungkinkan, pelajari peta lomba lari, topografi medannya, dan kemudian visualisasikan.

6 JAGA KECEPATAN BERLARI
Saat berkiprah di ultra-trail running untuk pertama kalinya, pastikan tak mengumbar energi secara berlebihan. Jaga kecepatan berlari yang bisa Anda kendalikan sepanjang lomba berlangsung. Ingat, ini lomba lari jarak jauh.

7 JANGAN MEMAKSAKAN DIRI
Jangan terlalu memaksakan diri. Dengarkan tubuh Anda. Turunkan intensitas jika Anda merasa ada sesuatu yang tak beres dengan tubuh Anda – baik di latihan maupun saat perlombaan. Terlalu memaksakan diri hanya akan meningkatkan risiko cedera.

8 PERLENGKAPAN SEMPURNA
Gunakan perlengkapan yang memadai – baik itu celana, baju, sepatu, hydration pack, water bladder, headlamp, topi, gaiter, dan sebagainya. Misal soal sepatu. Anda tak perlu alas kaki baru. Tapi pastikan sepatu Anda tak akan rusak saat digunakan berlari jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *