Tuesday, 20 February 2018

8 Tip Berkompromi dengan Cuaca Panas

Spread the love

BERLARI DI CUACA PANAS menempatkan Anda dalam berbagai risiko kesehatan, mulai dari dehidrasi, kram otot, hingga heat stroke. Namun bukan berarti Anda harus menghentikan ayunan kaki ketika musim kemarau yang mengirim cuaca panas sedang berlangsung. Tip-tip berikut akan membantu Anda berkompromi dengan udara panas yang tidak bisa ditoleraransi.

LAKUKAN PENYESUAIAN
Hindari berlari dalam durasi lama atau melakukan latihan berintensitas tinggi saat cuaca sedang panas. Jika memang Anda harus berlari di siang hari, pilih rute yang terlindung bayang-bayang pepohonan atau gedung. Dan gunakan aturan ini: Mulai lebih dengan kecepatan lebih lambat ketimbang yang biasa Anda lakukan. Jika dalam perjalanan Anda merasa nyaman, tingkatkan kecepatan secara bertahap.

PILIHAN PAKAIAN
Gunakan perlengkapan yang nyaman. Anda bisa mengenakan pakaian dengan warna cerah, ringan, dan memiliki ventilasi serta sirkulasi yang baik. Serat microfiber dan katun kombinasi adalah pilihan bahan yang tepat. Pastikan juga mengenakan topi dan tabir surya dengan SPF 30 atau di atasnya.

HINDARI ALKOHOL
Alkohol, obat antialergi, dan antidepresi bisa menyebabkan dehidrasi. Menggunakannya sebelum berlari akan membuat Anda cenderung untuk buang air kecil, yang meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca juga: 5 Tip Pilih Sports Drink Terbaik

MINUM LEBIH SERING
Penuhi simpanan cairan di tubuh dengan menenggak 500 mililiter sports drink sebelum satu jam sebelum mulai berlari. Kemudian minum lagi 150-240 mililiter sports drink sebelum tiap 20 menit ayunan kaki Anda. Sports drink mengalahkan air karena mengandung elektrolit, yang meningkatkan penyerapan air oleh tubuh. Selain itu, sports drink menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat dan memiliki citarasa yang enak, yang membuatnya lebih mudah dikonsumsi.

JAGA KESABARAN
Beri kesempatan bagi diri Anda selama 8-14 hari untuk beraklimatisasi dengan cuaca yang panas. Lakukan peningkatkan durasi dan intensitas latihan secara bertahap. Selama durasi itu tubuh Anda akan belajar untuk mengurangi detak jantung, suhu tubu, dan meningkatkan rasio keringat.

RUMPUT DAN BAYANGAN
Selalu lebih panas di kawasan perkotaan karena aspal dan beton mempertahankan panas. Jika Anda harus berlari di kawasan urban atau suburban, cari lintasan yang berada di bawah bayang-bayang pepohonan (misalnya taman kota) atau bangunan bertingkat. Lakukan di awal pagi atau malam hari.

Baca juga: Taktik Menghindari Headstroke

AWAL ATAU AKHIR HARI
Di cuaca yang sangat panas sekalipun, fajar menawarkan udara yang sejuk. Berlarilah di saat fajar dan kemudian Anda akan merasa nyaman sepanjang hari. Atau jika Anda tidak bisa melakukannya, tunggu hingga malam hari. Tetapi jangan melakukannya terlalu larut, yang akan menunda waktu tidur Anda.

BERLARI DALAM AIR
Gantikan satu sesi latihan lari Anda dengan sesi berdurasi sama di kolam renang. Jika Anda baru belajar berenang, gunakan alat yang membantu Anda terapung. Gerakkan kaki Anda sama seperti Anda berlari di darat, dengan sedikit mencondongkan tubuh ke depan dan melakukan ayunan lengan yang bertenaga.

Leave a Reply