Sunday, 22 October 2017

7 Cara Selamatkan Jantung Anda

Spread the love

HIDUP ITU SANGAT SINGKAT, kecuali Anda mulai membangun rancangan perlindungan terhadap jantung. Dan semua itu bisa mulai Anda lakukan dengan membaca artikel ini dan melakukan tujuh hal sederhana yang ada di dalamnya.

1 BERCINTA LEBIH SERING
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Cardiology melaporkan, pria yang bercinta hanya sekali tiap bulan atau kurang dari itu memiliki risiko mengidap penyakit jantung 45 persen lebih besar ketimbang mereka yang melakukan 2-3 tiap minggu. Para peneliti memaparkan, seks mungkin melindungi sistem kardiovaskular seperti yang dilakukan oleh olahraga.

Baca juga: Panjat Tebing Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Anda

2 TIDUR DENGAN NYENYAK
Dibandingkan mereka yang tidur dengan nyenyak dan konsisten, para pengidap imsonia memiliki isiko mengalami serangan jantung 45 persen lebih besar. Hal ini dilaporkan oleh sebuah studi dari Norwegia. Aktivitas fisik selama 30 menit, 2-3 kali tiap minggu, bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Tetapi Anda, para pengidap insomnia, harus sabar. Mungkin butuh waktu berbulan-bulan agar Anda bisa merasakan manfaat aktivitas fisik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

3 MANFAAT SINAR MATAHARI
Para ilmuwan di Skotlandia menemukan, paparan sinar ultra violet 20 menit bisa meningkatkan produksi nitrit oksida, yang menurunkan tekanan darah. Anda bisa ‘mandi’ matahari selama 10 menit, dua kali tiap minggu. Tapi cek dulu dengan dokter jika Anda berkulit putih atau mengidap kanker.

Baca juga: Cara Mengurangi Stres di Kantor

4 BERNAPAS DALAM-DALAM
Berhenti dan ambil napas panjang secara perlahan. Lebih baik lagi jika ambil napas sebanyak enam kali dalam 30 detik. Menurut sebuah penelitian di Hypertension Research menemukan, tindakan ini bisa menurunkan tekanan darah sistolik hingga4 mm Hg dalam hitungan menit. Penelitian lain mengemukakan, jika Anda mempraktekkan hal ini secara rutin, dampak yang Anda dapatkan akan berlangsung dalam periode yang panjang.

5 JAGA DENYUT NADI
Besok pagi, sebelum Anda meninggalkan tempat tidur setelah terbangun, coba hitung denyut nadi Anda. Kemudian catat denyut nadi Anda per menit. Denyut nadi pria sehat akan berada di bawah 70 denyutan per menit. Jika denyut nadi Anda meningkat selama satu minggu atau lebih, segera konsultasikan ke dokter.

Baca juga: 9 Benda yang Lebih Berkuman dari Dudukan Toilet

6 JANGAN TAKUT TELUR
Berhenti berpikir jika mengonsumsi telur akan meningkatkan kolesterol LDL (jahat). Sebuah penelitian di Brazil menemukan keterkaitan antara telur dan arteri jantung yang sehat. Salah satu perkiraan karena kuning telur – yang kaya vitamin E, B12, dan folat – memegang kunci. Namun konsumsi telur hanya hanya maksimal empat butir telur sehari untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh Anda.

7 JANGAN TERLALU BANYAK TIDUR
Jangan terlalu banyak tidur. Menurut jurnal Sleep, mereka yang tidur 10 jam tiap malam atau lebih, meningkatkan risiko mengalami serangan jantung. Salah satu alasannya, tidur terlalu lama dikaitkan dengan penambahan berat badan dan buruknya kesehatan mental. Jika Anda tidak bisa tidur di periode yang sehat – 7-9 jam – segera lakukan konsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *