Thursday, 21 September 2017

5 Tip untuk Tingkatkan Kemampuan Bersepeda Jarak Jauh Anda

Spread the love

BAGI SEBAGIAN ORANG, mungkin tidak ada yang menandingi perasaan saat bersepeda jarak jauh. Bergerak mantap melibas tanjakan dan bergulir mengikuti turunan, mengayuh sepeda sendirian atau berkelompok sembari membentuk formasi untuk melawan angin, dan kemudian merasa kelelahan di akhir kayuhan. Nyaris tak ada olahraga lain yang menandingi kenikmatan seperti ini.
Tentu saja, untuk mengayuh sepeda jarak jauh Anda harus membangun kekuatan dengan meningkatkan durasi serta intensitas kayuhan pedal secara bertahap. Katakanlah, aktivitas bersepeda akhir pekan Anda adalah dua jam. Dalam periode delapan minggu, tambahkan setengah jam di tiap sesi latihan jarak jauh Anda. Dalam dua bulan, Anda mungkin sudah siap ‘mengelilingi dunia’. Pastikan juga menyelipkan sesi bersepeda lainnya berdurasi satu jam setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

KAYUHAN CERDAS
Dengan menjaga cadence (kayuhan) di angka 90 putaran per menit, Anda memberikan kesempatan sistem aerobik dan otot di tubuh untuk beristirahat. Pikirkan tentang melakukan bench press dengan beban 20 kilogram 10 kali ketimbang melakukan satu repetisi bench press dengan beban 200 kilogram. Anda mengangkat jumlah beban yang sama, namun dengan usaha yang lebih menimal.

JAGA CAIRAN TUBUH
Minum sedikitnya satu botol air tiap jam, tergantung cuaca dan intensitas aktivitas Anda. Jangan terlalu mencemaskan apa yang Anda kombinasikan dengan air. Hanya perlu Anda pahami jika air adalah hal paling penting. Minum tiap 15 menit. Melakukannya secara konsisten akan lebih baik lagi. Jika Anda berencana bersepeda selama dua jam, rencanakan untuk berhenti di tengah jalan, mengisi ulang botol air, dan mengudap cemilan.

BAGI TIGA LINTASAN ANDA
Bagi jarak bersepeda Anda dalam tiga bagian atau lebih secara seimbang (dari segi jarak). Segmen pertama Aharus Anda lalui dengan santai. Di segmen kedua, Anda harus mulai membuat otot bekerja lebih keras. Jika Anda masih memiliki sisa tenaga, tunjukkan di segmen ketiga.

WASPADAI ANGIN
Angin bisa menjadi kawan atau lawan. Jika Anda memulai dengan angin mendorong dari belakang, kayuh pedal dengan santai. Mengapa, karena mungkin di perjalanan pulang, Anda akan melawan angin. Jika pergi berkelompok, bentuk formasi garis lurus untuk melawan angin. Dan kemudian bergantian menjadi pebalap sepeda terdepan yang menjadi pelindung kelompok dari terpaan angin.

BUAT RENCANA KONDISI DARURAT
Mungkin aktivitas bersepeda Anda tiap minggu mulus dan lancar. Tapi untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi darurat, jangan lupa bawa perlengkapan darurat, mini tool, telpon seluler, tanda pengenal, dan uang tunai. Selain itu ikuti kode di jalanan: Berhenti untuk setiap pesepeda lain yang mungkin membutuhkan bantuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *