Friday, 22 September 2017

5 Makanan yang Membuat Anda Selalu Berenergi

Spread the love

TIDAK SEMUA makanan pemelihara dan pendongkrak energi yang sebenarnya dipasarkan dengan cara provokatif seperti yang dilakukan produsen makanan (atau minuman) berenergi kemasan. “Padahal pilihan yang terbaik adalah makanan yang sesungguhnya, bukan yang kemasan atau pabrikan, ujar Lauren Antonucci, R.D., ahli nutrisi olahraga di New York City. Makanan alami ini, lanjutnya, kaya kandungan nutrisi seperti zat besi, protein, dan asam lemak yang Anda butuhkan. Berikut daftar lima makanan terbaik yang bisa membantu Anda memelihara energi sepanjang hari.

SEMANGKA
Sekitar 93 persen komponen penyusun buah ini adalah air atau H20. “Tidak banyak orang yang menyadari jika buah yang kaya kandungan cairan bisa memasok tubuh mereka hingga 20 persen kebutuhan cairan harian,” ujar Antonucci.
Penelitian menekankan, meski hanya dalam kondisi ringan, dehidrasi dikaitkan dengan kelelahan karena air dibutuhkan oleh semua fungsi tubuh Anda. Satu setengah cup potongan semangka setara dengan tawaran yang disodorkan 240 mililiter air. Selain itu, semangka dilengkapi dengan vtamin A, B6, dan C, yang semuanya memiliki memampuan menjaga tubuh Anda tetap berenergi.

Baca juga: Dongkrak Vitamin D dengan Makanan Ini

ALMOND
Seperempat cup almond menyodorkan 30 persen kebutuhan harian magnesium. Sebagai catatan saja, warga negara Amerika Serikat, yang lebih ‘melek’ nutrisi saja nyaris separuh di antaranya masih belum mendapatkan mineral ini secara memadai. Kurangnya pasokan magnesium ke tubuh akan membuat Anda mudah lelah. Mengapa? Karena tubuh menggunakannya untuk membangkitkan ATP, molekul yang mentransportasikan energi di antara sel. Selain itu almond juga sumber vitamin B seperti folat and riboflavin, yang membantu mengoversi kalori menjadi ‘bahan bakar’.

KISMIS
Mengonsumsinya ketika berolahraga pagi akan mendongkrak energi Anda. “Para atlet menyukai makanan ini untuk mendapatkan karbohidrat dan elektrolit secara instan,” ujar Tara Gidus Collingwood, R.D., seorang ahli nutrisi olahraga di Orlando. Sebuah studi menemukan, kismis sangat efektif menjaga stamina pelari sebagai cemilan yang didisain untuk olahraga ketahanan. Atlet yang mengonsumsinya saat megikuti lomba lari 5K, bisa memangkas waktunya hingga satu menit, ketimbang mereka yang yang hanya minum air saja.

Baca juga: 5 Makanan Super yang Wajib Anda Konsumsi

EDAMAME
Polong-polongan adalah gudang folat, salah satu jenis vitamin B yang memainkan peran penting untuk mengubah makanan menjadi energi. Satu cup edamame, yang sudah dikeluarkan dari kulit kulitnya, memberikan vitamin yang berlimpan beserta bonus magnesium dan riboflavin, dua mineral yang membantu Anda menyediakan energi ekstra.

STRAWBERRY
Vitamin C sangat identik dengan jeruk. Tapi jika dihitung gram per gram, strawberry adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Ketika para peneliti memberi orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan (dan ingin memangkas bobot tubuhnya) dengan dosis vitamin C harian, subyek yang menjalani tes merasa tidak begitu lelah ketika mengayunkan kaki di treadmill selama 60 menit dibandingkan mereka yang tidak dipasok vitamin C, tulis laporan penelitian ini di jurnal Nutrition. “Makanan yang mengandung vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi – yang membantu memerangi kelelahan – lebih banyak,” ujar Collingwood. Satu cup strawberry memberikan 89 milligram vitamin C, lebih dari kebutuhan harian yang hanya 75 miligram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *