Friday, 24 November 2017

4 Tip Bebas Masalah di Turunan

Spread the love

SALAH SATU SITUASI yang mungkin susah Anda hadapi ketika bersepeda gunung di alam bebas adalah lintasan yang menurun tajam. Sedikit saja kesalahan yang Anda lakukan, nyawa bisa menjadi taruhannya. Untuk menghindari munculnya masalah di lintasan menurun, empat tip di bawah ini, yang kami kumpulkan dari beberapa mountain biker, mungkin bisa bahan pelajaran bagi Anda sebelum mengayuh pedal di lintasan cross country yang menurun.

ATUR POSISI LUTUT
Pastikan lutut mengarah ke lintasan yang akan Anda tempuh. Angkat pantat dari seat post dengan memposisikan paha dalam sedemikian rupa untuk memungkinan sepeda berputar di bawah tubuh Anda.

Baca juga: Kesalahan Pesepeda Pemula

PENEMPATAN TELAPAK KAKI
Berdiri di atas pedal ketika sepeda Anda mulai bergulir di jalan yang menurun. Pastikan kaki dominan berada di depan dengan posisi sedikit ke atas dari titik horisontal. Tindakan ini akan bagian depan sepeda Anda berbobot lebih ringan dan roda belakang meredam getaran lebih baik.

MANFAATKAN TUMIT ANDA
Ketika berdiri di atas pedal saat melewati lintasan yang menurun, gunakan tumit sebagai tumpuan. Cara ini akan mendistribusikan berat badan ke kedua kaki anda dan pedal. Posisi ini juga membuat Anda bisa menarik beban tubuh Anda lebih ke belakang dari poros sepeda serta memberi peluang untuk melakukan pengereman belakang dan depan yang lebih besar ketika menghadapi turunan yang lurus.

Baca juga: Cara Aman Bersepeda di Malam Hari

PILIH LINTASAN YANG AMAN
Pilih lintasan paling ‘aman’ ketika Anda menghadapi turunan. Dari segi pengeluaran energi, taktik ini lebih efisien dan memberi kesempatan Anda untuk mengobservasi jalur di depan maupun di tikungan sebelum melintasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *