Thursday, 21 September 2017

4 Sumber Zat Besi Pengganti Daging Merah

Spread the love

TUBUH ANDA MEMBUTUHKAN zat besi untuk membantu sel-sel darah merah mengangkut oksigen. Selain itu, mineral ini juga menyokong sistem kekebalan tubuh serta memelihara fungsi kognitif. Mungkin cukup berat untuk memenuhi 18 miligram kebutuhan harian zat besi yang direkomendasikan. Dan jika Anda bukan penggemar daging merah, Anda harus menggandakan zat besi yang masuk ke tubuh. National Institues of Health menyebutkan, para vegetarian membutuhkan sekitar 32 miligram per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Mengapa ada perbedaan seperti ini? Terdapat dua jenis zat besi heme dan non-heme. “Tumbuhan dan makanan yang diperkuat dengan zat besi mengandung tipe non-heme. Sementara daging unggas, hewan berkaki empat, dan makanan yang bersumber dari laut atau sungai, mengandung kedua tipe – heme dan non-heme. Zat besi tipe heme lebih mudah diserap tubuh. Jadi… jika Anda cenderung mengonsumsi sumber zat besi tipe non-heme, Anda harus mengonsumsi makanan sumber zat besi lebih banyak.

Jadi bagaimana Anda harus memenuhi kebutuhan zat besi tanpa harus bergantung pada daging merah? Berikut empat makanan yang bisa Anda andalkan untuk menjadi penyuplai zat besi, yang bahkan memiliki ‘gudang’ lebih besar dari daging merah.

#1 TIRAM
Penghuni lautan ini bukan hanya sekadar afrodisiak. Mereka adalah sumber zat besi. Sekitar 85 gram tiram menawarkan delapan miligram zat besi. Ini jauh lebih banyak ketimbang yang dimiliki daging merah, dengan jumlah lemak jenuh lebih sedikit. Selain itu, tiram merupakan sumber selenium dan zinc. Kedua mineral ini membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

#2 KAKAO BUBUK
Kakao tidak hanya memanjakan lidah Anda, tapi juga menyodorkan zat besi dalam jumlah signifikan. Sekitar 85 gram kakao bubuk menyodorkan tujuh miligram zat besi. Zat besi yang ditawarkan memang tak diserap tubuh semudah zat besi yang berasal dari sumber hewani, namun kaya flavonoid yang menyehatkan untuk jantung dan magnesium yang baik untuk fungsi otak.

#3 TAHU
Setengah cangkir tahu padat mengemas tiga miligram zat besi. Jumlah ini sedikit lebih banyak ketimbang yang disodorkan daging merah. Tetapi itu bukan satu-satunya alasan Anda harus mengonsumsinya untuk menggantikan daging merah. Tahu adalah sumber protein untuk hidangan yang tak menggunakan daging sebagai bahan dasar. Selain itu, Anda juga menyingkirkan lemak jenuh yang biasanya dibawa daging merah. Dan menurut penelitian, 25 gram protein dari kedelai tiap hari, mengurasi risiko Anda mengidap penyakit jantung.

#4 BAYAM
Tahukah Anda, setengah cangkir bayam rebus memberikan tiga gram zat besi. Dan bukan hanya itu. Sayuran hijau ini juga menawarkan 20 vitamin dan mineral. Selalu selipkan bayam dalam salad atau hidangan Anda lainnya, dan tambahkan sedikit air perasan jeruk untuk meningkatkan penyerapan kandungan mineral utamanya – zat besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *