Thursday, 21 September 2017

Tiga Jawara Marathon Dunia Akan Berhadapan di Berlin Marathon 2017

Spread the love

TIGA PELARI MARATHON papan atas dunia – Kenenisa Bekele (Ethiopia), Eliud Kipchoge (Kenya), dan Wilson Kipsang (kenya) – akan berhadapan satu sama lainnya untuk pertama kalinya di Berlin Marathon 2017 yang akan berlangsung pada 24 September 2017.

Juara Olimpiade Kipchoge, yang memiliki catatan waktu resmi terbaik ketiga di dunia (2:03:05), berkeinginan untuk memecahkan rekor berlari marathon di bawah dua jam dan mengukir rekor dunia. Pelari berusia 32 tahun ini nyaris memecahkan rekor berlari marathon di bawah dua jam dalam Nike Breaking 2 di Monza, Italia. Catatan waktu yang dibukukannya dalam proyek ini hanya berselisih 24 detik saja dari target yang harus dicapai.

Baca juga: Kipchoge Pecahkan Rekor Dunia Marathon

Rekan senegara Kipchoge, Kipsang mencetak rekor dunia di Berlin Marathon 2013 dengan ukiran waktu 2:03:23. Namun catatan waktunya dikalahkan Dennis Kimetto, yang sekarang memegang rekor dunia, setahun kemudian dengan torehan waktu 2:02:57.

Juara Olimpiade tiga kali Bekele, yang mulai berlari marathon di lomba lari marathon sejak 2014, nyaris memecahkan rekor dunia di Berlin Marathon tahun lalu. Sayang, problem otot yang dialaminya menyebabkannya tertinggal enam detik dari rekor yang ingin dipatahkannya.

Pria berusia 35 tahun ini diakui sebagai salah satu pelari terbaik sepanjang masa di dunia dan memegang rekor dunia untuk nomor 5.000 meter dan 10.000 meter. Bekele telah memenangkan lima Kejuaraan Dunia dan 11 juara World Cross Country.

“Ini adalah pertandingan impian. Sangat jarang melihat tiga pelari marathon terbaik di dunia akan berkompetisi satu sama lainnya dalam satu perlombaan,” ujar Mark Milde, race director Berlin Marathon 2017. “Sebagai penyelenggara kami berharap cuaca saat lomba akan mendukung dan persaingan berlangsung dengan menggairahkan.”

 

Foto: Courtesy Fansided.com/AFP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *