Thursday, 21 September 2017

3 Hidangan Terbaik untuk Sarapan Anda

Spread the love

LANGKAH TERBAIK untuk hidup lebih sehat dan penuh vitalitas dalam menjalani kehidupan sehari-hari adalah menghindari absen makan pagi. Banyak yang mungkin berpikir, waktu 24 jam dalam sehari masih belum memenuhi kebutuhan untuk menjalani rutinitas keseharian. Tidak heran jika kemudian banyak yang melewatkan makan pagi di rumah, dan justru memilih jajanan di jalanan untuk mengganjal perut. Padahal, di rumah Anda bisa menyiapkan menu sarapan hingga siap santap hanya dalam hitungan menit. Plus… Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan terbaik dari makanan yang Anda siapkan sendiri. Dan tiga makanan berikut adalah pilihan bahan terbaik jika Anda ingin mengolah sendiri menu sarapan Anda.

MANFAAT TERBAIK TELUR
Telur memiliki manfaat yang besar bagi daya pikir Anda. Kandungan tyrosine di dalamnya membantu mempertajam mental Anda, tulis laporan penelitian dari Belanda. Mereka yang mengonsumsi dua gram asam amino ini (tyrosine) – yang ditemukan di telur dan keju – terbukti 10 persen lebih baik tes refleks mental ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya. Peneliti studi ini, Lorenza Colzato, Ph.D., mengatakan tyrosine mungkin meningkatkan produksi dopamine, yang memiliki keterkaitan erat dengan kemampuan otak manusia. Anda butuh delapan telur berukuran besar untuk mendapatkan dua gram tyrosine, namun takaran yang lebih kecil kemungkinan juga memberikan manfaat bagi Anda.

Baca juga: 5 Makanan yang Selalu Membuat Anda Berenergi

SECANGKIR COKELAT PEKAT
Sekarang kita menuju hidangan bernuansa gelap. Kombinasi susu dan serbuk cokelat tinggi serat mungkin akan membantu memelihara kadar kolesterol di tubuh Anda, ujar para peneliti di Spanyol. Setelah mengonsumsi dua cangkir campuran susu dan serbuk cokelat tiap hari selama empat minggu, orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini sebagai responden meningkat kadar HDL-nya (kolesterol baik) hingga enam persen di atas mereka yang hanya mengonsumsi susu tawar. Kelebihan kakao ada pada polyphenol, yang meningkatkan sebuah protein utama dalam HDL, ujar peneliti Beatriz Sarria, Ph.D.

BUAH DAN SAYURAN SEGAR
Sebuah penelitian di Perancis menunjukkan, meningkatkan pasokan vitamin C ke tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke. Vitamin C mengatur kadar nitric oxide, ujar Stephane Vannier, M.D. yang menjadi peneliti studi tersebut, membantu kelancaran aliran darah. Untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin C sejumlah 90 miligram, coba konsumsi satu cangkir salad buah yang terdiri dari berbagai jenis buah seperti jeruk, pepaya, kiwi, mangga, dan sebagainya. Makin beraga kudapan buah segar Anda, makin kompleks nutrisi yang diterima tubuh Anda.

Baca juga: 4 Sumber Zat Besi Pengganti Daging Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *