Thursday, 21 September 2017

3 Aturan Berlatih dengan Kettlebell

Spread the love

BEBERAPA TAHUN LALU mungkin hanya sedikit orang di Indonesia, termasuk mungkin Anda, yang memanfaatkan kettlebell sebagai alat latihan. Namun sekarang, nyaris setiap gym besar dan menengah memiliki perangkat latihan ini. Kettlebell menawarkan keuntungan yang berbeda untuk mendongkrak mobilitas dan kekuatan. Ikuti aturan berikut ini untuk mendapatkan hasil maksimal untuk tiap repetisi yang Anda lakukan.

ATURAN 1: Pahami Bagaimana Kettlebell Bekerja
Tak seperti dumbbell dan barbell, sebuah kettlebell memiliki beban yang menggantung pada pegangannya. Ini memperkuat gaya balistik, yang jika dilakukan dengan cepat dan menggunakan gerakan dinamis, akan membuat kettlebell terasa lebih berat dari seharusnya. Kondisi ini juga membuat kettlebell meminta otot untuk bekerja lebih keras untuk menstabilkan tubuh Anda, yang akan memicu pertumbuhan otot makin maksimal (dan cepat). Plus, karena pegangannya yang tebal, kettlebell adalah perangkat yang tepat untuk mengembangkan kekuatan genggaman tangan Anda.

Baca juga: Tambah Otot, Kikis Lemak

ATURAN 2: Tahu Saatnya Menggunakan Kettlebell
Kettlebell sangat ideal untuk latihan eksplosif total-body, seperti swing dan snatch. Perangkat ini juga bagus untuk overhead press karena Anda mendapatkan peregangan di bawah dan lockout yang sempurna di atas. Seperti pada tricep extension, bicep curl, dan gerakan latihan lain yang menyasar kelompok otot kecil, kettlebell juga bisa bekerja seperti yang dumbbell lakukan. Tapi jika Anda butuh beban yang berat (deadlift atau bench press, sebagai contoh), gunakan barbell.

Baca juga: 5 Tip Latihan Beban Bagi Pemula

ATURAN 3: UTAMAKAN KESEMPURNAAN GERAKAN
Rancangan bentuk kettlebell menjadikan teknik yang baik menjadi kebutuhan utama. Jaga pergelangan tangan dalam posisi lurus. Menekuk pergelangan tangan meningkatkan risiko ketegangan dan membatasi Anda untuk memindahkan tenaga secara efektif di antara tubuh dan kettlebell. Selain itu, jaga agan beban tubuh Anda tetap bertumpu pada tumit dengan posisi bahi ditarik ke belakang-bawah. Ini akan meningkatkan stabilitas dan memungkinkan Anda membangkitkan lebih banyak tenaga dan meningkatkan performa Anda di setiap latihan.

Baca juga: Panduan Pemula Pengguna Kettlebell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *